Alam Takambang Jadi Guru

Mari berguru pada alam yang terhampar…

Let’s go green

Kerusakan lingkungan bukan lagi isu asing di telinga dan mata kita. Mungkin sebagian besar kita telah merasakan akibatnya di negeri tercinta ini. Bencana yang terus menerus, banjir, longsor, kebakaran hutan…kalau disambung– daftar jenisnya– apalagi jumlahnya– bakal panjang melebihi kereta api. Dan aku rasa sebagian besar manusia sudah tahu penyebabnya.

Kontroversi, tuding-menuding, debat panjang terjadi dalam menyikapi isu kerusakan lingkungan, yang terkini, Isu Pemanasan Global. Ada yang setuju dan ingin mencegahnya, ada yang tidak dan mencak-mencak. Bagiku semua itu biasa, namanya dunia, akan selalu ada pro-kontra. Aku cendrung menyederhanakan, pusing kalau ikut terlibat dalam carut marut perdebatan, tak guna sih menurutku. Yang berguna berbuatlah!

Pandanglah dari segi postifnya saja, berbuat hal kecil, yang Insya Allah bermanfaat, seberapa kemampuan kita, berbuat hal besar kalau memang kita punya kapasitas. Yang jelas, bumi memang telah rusak sebagian besar karena ulah manusia. So, let’s go green friend! Banyak yang bisa dilakukan.

Mulailah dari diri sendiri, hidup dengan ramah lingkungan, mengurangi pemakaian energi, tertutama BBM, listrik, air bersih. Memakai produk-produk yang ramah lingkungan. Memilah sampah organik/non-organik. Mengurangi (kalau bisa menghentikan yang memang bisa) pemakaian produk hutan seperti tisu, kertas, kayu, dsb…Memakai kembali yang masih bisa dipakai misal memberikan baju bekas pada yang membutuhkan, mendaur ulang, dan memperbaiki barang yang masih bisa diperbaiki. Janganlah terlalu ikut nafsu fashion, apalagi untuk orang-orang yang bergaya hidup metrosexual. Ingatlah anak cucu yang bakal merana sengsara nanti. Melihat Sidoarjo saja rasanya miris banget kan. Jangan undang musibah lagi! Masa gak malu Ibukota banjir melulu!

Hiduplah dengan 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Repair) kata Bapak yang peduli lingkungan ini.

Ini sebuah peta yg bagus aku dapat dari sini. Mudah-mudahan yang punya gak keberatan ๐Ÿ™‚ Klik untuk memperbesar gambar.

globalwarmingrecent.jpg

Link hijau:

  1. Fauna & Flora International
  2. Fauna & Flora International-Aceh
  3. Greenmonster
  4. Aku Ingin Hijau
  5. Heidi Riddle
  6. Gajah – info
  7. Eeko World
  8. Timpakul
  9. Timpakul 2
Iklan

12 thoughts on “Let’s go green

  1. / So, letโ€™s go green friend! Banyak yang bisa dilakukan /
    Setuju Buk, tambah lagi ‘mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil dan mulailah sekarang’
    Salam kenal – Wass

  2. Bener itu…kita diciptakan untuk ngerawat alam titipan Tuhan ini…jangan sia-siakan…..selamatkan generasi anak cucu kita….seneng rasanya masih ada juga orang yang mau peduli dengan alam.

    BERJUANG!

  3. mhn maaf bu bolehkan puisi ibu sy pakai disalah satu buku kami?
    wasalam
    gunawan

  4. Gunawan: boleh saja mas, dengan senang hati, saya juga memakainya utk pendidikan lingkungan dan sekarang sedang di layout mudah-mudahan jadi kumpulan puisi alam ๐Ÿ™‚

    senang kenal pencinta lingkungan juga.

  5. setujuuu banget, marilah kita mulai dari hal yang kecil, misal jangan buah sampah sembarangan.. saya juga pernah bikin tulisan di blog yang mengajak agar orang mau peduli dengan lingkungan kita..
    blognya bagus sekali banyak hal yang bermanfaat.. salam ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s