Alam Takambang Jadi Guru

Mari berguru pada alam yang terhampar…

Blogger payah, netter entah!

14 Komentar

Detox 1

Ini tulisan bagian dari detoksifikasi yang akan aku lakukan, tulisan yang lama tersangkut di folder memori benakku.  Entah akan berapa panjang aku tak tahu…Bagi yang takut keracunan…jangan baca ya…Tapi kadang kala racun bisa benjadi obat, bak kata peribahasa: ”Alah bisa karena biasa!” Dan bagiku menulis adalah membahagiakan…juga proses katarsis 😀

Selain itu juga jawaban buat teman-teman yang bertanya kok males banget update.

Aku ini adalah blogger ’payah’, yang gak bisa mengindahkan aturan main ngeblog, yang aku baca disarankan berbagai ’pakar blog’ sejak aku mulai ngeblog, mungkin tahun 2004…bahkan aku tak pasti tahunnya. Seingatku di yahoo geocities, trus ebloggy, blogspot, blogspot, dan MP, beberapa blog private (haiyah!) terakhir worpress ini…Selalu ada panduan bagaimana agar blog kita bagus, ramai dikunjungi, mudah terbaca search engine (search engine  optimization), dll trik and tips…Misal agar orang tak malas membaca blog kamu, tulisan agar singkat saja, pakailah bahasa yang nganuuu…provokatif deh pokoknya, apalagi kalau kamu bisa meramu kata-kata yang ehem..ehem…pasti deh blogmu ramai! Rajin-rajinlah blogwalking, dsb…Semua tak kuindahkan, kecuali berusaha membalas kunjungan teman, baik yang sudah kenal lama maupun yang ’terdampar’. Itupun nyicil, kadang berminggu-minggu baru selesai kunjungan baliknya. Kadang ada yang terlupa. My God!

Aku tak tertarik sama sekali buat menjadi sleb-blog, istilah yg cukup lama exist di kalangan blogger sejak dulu. Memang senang kalau ada yang berkunjung, ada yang komen, apalagi rame. Tapi satu aturan main jelas; kalau kamu tidak rajin-rajin komen juga di tempat orang, blogmu bakal sepi! Kecuali kalau kamu memang selebrity beneran atau TULISANMU OKE PUNYA.  Lah aku? Yang penting nulis hatiku bahagia… Bermutu atau tidak tak kupikirkan (walau ke depan kayanya perlu dipikirkan!).

Tanyalah pada para seleb-blog berapa jam sehari yang dipakai buat ngeblog, walking2 dsb itu? Aku sudah baca dan amati curhatan para seleb-blog yang pernah kukenal, ada yg lelah, ada yang bosan, yang akhirnya menutup blog karena berbagai alasan. Ada juga yang bertahan, namun sebagian besar teman-temanku dulu menghilang. Sedih juga sih.

Duh Mak, mungkin sampai kapanpun aku takkan sanggup jadi ’blogger yang baik’.

Sebenarnya dari dulu aku konsisten: blog tetap ada walau kadang matisuri, males update dan nulis sesukaku, dan jam terbang blogwaking paling rendah 😀 *walah, konsisten!*  Jika ingin nulis panjang, aku nulis panjang, ingin nulis dikit ya dikit aja, sampai teman-teman nyari-nyari sambungannya gak ketemu. Walaupun bisa saja di potong, ga bakalan aku potong…Itulah aku dari dulu, ego juga yah. Aku hanya ingin menulis, tak peduli apakah sebutan blogger atau sekedar iseng. Dulu teman-teman ada yang menamaiku: ’Meiy malas update’.

Ini mungkin membuat jengkel sebagian teman-teman, kadang-kadang mereka berkunjung, lamaaa baru aku balas kunjungannya. Ada beberapa blog yang aku usahakan bisa aku baca seperti blog Pak EWA (sekarang seringnya di facebook aja, Unai (dah lama gak aktif sohibku ini), Bang Toga dan Simbok Venus sesekali. Tulisan-tulisan mereka aku sukai, tapi kadang-kadang seharian di buka gak sempat-sempat dibaca. Kadang disimpan ke flash disk buat dibaca di rumah…sampai kapanpun di flash disk saja! :d Ada juga blog yang aku baca karena rasa ingin tahu menonton dagelan, atawa panggung sandiwara dunia. Namun itu semua closed saat pekerjaan membutuhkan konsentrasiku. Facebook closed, YM no way…

Sering ada pesan di hape atau kadang-kadang facebook-ku: ”Woi-woi buka YM, aku mau ngomong…!”

Atau si Boss di sebelah sudah capek ’buzz buzz’ mau sekedar bertanya singkat, aku tak ingat sama sekali membuka YMku.

Dan mungkin teman-teman tak percaya, aku tak pernah bicara di chat room (masih ada gak ya?), selain ngintip 2-3 kali dulu waktu pertamakali mengenal YM (jadul). Conference? Baru mau conference pertama kemarin sama sohib si kunyux tersayang Meimei Fong (Gang SMPku HAMY ANGELS!) dan adiknya yang baru kutemukan di FB, setelah 20 tahun berpisah…eh si nona ngabur mau jemput princess-nya…Conference batal! Aku memang netter yang gak  gaul. Banyak yang sebel aku selalu invisible di YM, kemarin saking ’bergairah’nya mau ngerumpi sama si nyuxnyux aku lupa invisible, buzz…buzz…langsung bermasukan pesan, salam-salam dsb. Senang sih sebenarnya, tapi tak mungkin kulakukan di kantor setiap hari, paling sesekali seperti kemarin setelah 2 bulan sibuk terus-menerus. Situasi dan kondisiku ditambah pilihan dan kecendrungan membuatku memandang internet hanya sebagai tool. Aku bukan staf yang hebat sehingga tidak tergoda untuk main-main, namun memang sikonnya begitu. Aku orang yang bakal gak bisa tidur kalau pekerjaanku tidak beres. Apatahlagi sambil main-main. Iklim kerja di NGOku yang bebas tanpa pengawasan Bos malah sangat memungkinkan untuk main-main. Sayang kami semua terbiasa bekerja dengan output oriented dan dewasa bertanggungjawab, jadi kalau main-main aja program gak jalan dong…bakal malu sendiri sebagai penanggungjawab Divisi. Aku ’salut’ sama yang online memakai fasilitas kantor tapi bisa seharian chating, browsing dsb dan meninggalkan jejak dimana-mana di dunia maya! Dan nggak dipecat, hebat juga ya kantornya!

Kalaupun aku maksain punya fasilitas internet di rumah, aku lebih memilih tidak online kalau malam (tapi gak tau ya nanti kalau si nyux yang cantik ini berhasil menggodaku untuk menemaninya ngerumpi tengah malam) atau nanti berhasil menggapai impianku menjadi Ibu yang berkantor di rumah saja dan sebagai relawan saja untuk kerja konservasi.

Emak-emak sok aktivis, 3 anak, 1 (aja) suami, tanpa asisten…Jarang di rumah…Kalau udah kelapangan bisa gak pulang-pulang lebih 15 hari.  Jadi Sabtu-Minggu sangat berharga bagiku untuk keluarga. Kejar-kejaran dengan Naysa terasa lebih ’seksi’ dan cuci piring lebih penting bagiku. Atau sekedar ngobrol dengan my honey…itu lebih ’ibadah’. Internet di rumah saat ini menurutku hanya akan lebih banyak melalaikan. Aku kurang suka anak-anak yang terpaku di depan monitor lupa sekeliling, karena games, internet, dsb., anakku Ufi sudah agak-agak begitu tuh. Anak-anak (dan orang dewasa) perlu ’dunia nyata’ sekedar manjat-manjat, menyentuh tanaman, jalan-jalan, main hujan, nangkap ikan di parit, mendengar dongeng, bahkan sekedar melihat langit, dsb. Bagiku pribadi, sayang banget kalau itu semua ditukar dengan dunia virtual berjam-jam. Tapi sikon, pilihan setiap orang berbeda kan? Maafkan bagi yang tak sepikiran, aku tak bermaksud menyinggung siapapun…

Kopdar? Istilah kodar alias kopi darat kukenal sejak dulu musim nge-break pake radio amatir belasan tahun lalu (aku SMP), aku sudah tidak suka kopdar….oh tidaaaks…Sekalinya kopdar pas kunjungan ke Jakarta..aku dikejar-kejar cowo yang menakutkan! Hehe ..alasannya ya sama saja sejak dulu, aku tak nyaman di tempat ramai apalagi dengan orang-orang yang baru dikenal. Orang yang sudah kenal dekat sih senang, walau tetap saja tak suka ramai-ramai.

Sehubungan kopdar ini, aku minta maaf banget buat teman-teman Blogger Sumut, apalagi Mas Said yang baik hati yang selalu mengundangku. Memang keterlaluan, baru 2 kali aku paksakan pergi, padahal mereka kopdar hampir tiap minggu. Kuharap kau mengerti nduk. Begitulah Bundamu ini Said, setiap Sang Ketua ngundang, memang seringnya aku sedang di luar kota, bekerja. Kopdar mingguan kayaknya untuk yang muda-muda sajalah ya…Mamak-mamak kaya aku ini akan jadi durhaka kalau lebih mengutamakan ngumpul-ngumpul bak anak lajang sementara anak-anakku dan suami kutinggalkan, taks mungkin hehe 😀 *ngelesku banyak Id, es kamu enaaak banget, kapan ya nyobain lagi?*

Sebenarnya senang juga, sejak aku ketagihan mengunjungi blog Bundo yang tulisannya memang asik, apalagi puisi! banyak juga teman-teman baru yang mampir dari Bundo…padahal blogku sudah mati suri. Aku usahakan kunjungan balik fren, you are all so nice 🙂

Tapi selalu kupesan pada teman-teman, aku sangat menghargai silaturrahim, siapapun yang butuh aku nomorku tidak eksklusif, bisa dihubungi kapan saja. Dan sebagai bagian dari detox; hanya satu yang tak sanggup kumengerti di dunia ini, teman yang memanfaatkan–semoga hanya satu kali terjadi dalam hidupku; sahabat yang pernah sangat aku hormati dan sayangi bersama keluarganya, yang sering menganggap aku tidak ada ketika dia tidak butuh, dan dengan mudah memanfaatkanku ketika dia butuh!

Pintu rumah dan kantor terbuka buat teman-teman yang mau datang. Aku orang yang percaya Allah memberi waktu yang cukup buat manusia, aku tak berani sombong berkata aku tak punya waktu. Waktu selalu ada, aku sediakan, tapi tentunya dipilih berdasakan situasi dan kondisi kita masing-masing ya!

RumahCinta-Ayahanda Medan, 15 Nov 09

14 thoughts on “Blogger payah, netter entah!

  1. aku agak jarang update blog, kurang konsisten ..

    tujuan ngeblog maish belum tau sih.. hehe aku ngikut trend ajahhh 🙂

    lam kenallll

    ikutlah kata hati, as long as ur happy…makasih ya dah mampir

  2. Kayaknya emang susah jadi blogger yang konsisten Kak… Apalagi kalo blank tentang yang mau ditulis tu apa… Alhasil blog mati suri. Hehehe… Tapi tetap berusaha untuk ngeblog lah kak… 😀

    aku sih konsisten malesnya mul hehe..kalo nulis sih always..mau uploadnya + BW paling males

  3. ckckck… bener-bener curhat seorang mamak-mamak,
    wempi nangis bombay loh bacanya 😆

    haha anak muda pilem india kau bah! sengaja tuh aku nulis panjaaaaang bgt, suka2 😀

  4. Hee, koq ceritanya kutu banget sih … kenalin yah mbak, nama saya kutu ^^. Blog kutu juga sering mati suri, klo lagi asyik ma dunia nyata or sisi2 lain internet kayak FB, Twitter, Kaskus, dll, pasti lupa ama blog, hee …

    Sebuah pengakuan yang jujur dari seseorang (yang menurut kutu) sangat terbuka. Pasti karena keterbukaan ini banyak yang sayang sama mbak, hee, see you …

    link nya mana kut? hehe kut kalee panggilannya D. tq udah mampir ya…

  5. (maaf) izin mengamankan KELIMAAAAAXXXZ dulu. Boleh kan?!
    Kita emang kudu sadar bahwa sebenarnya kita hidup di dunia nyata. So, ngeblog jangan sampai melupakan dunia nyata.
    Saya bahkan terkadang berfikir, jika pada awalnya kita terlalu menggebu-gebu dalam blogging takutnya dikemudian hari aka kehabisan tenaga kemudian mati dengan sendirinya.
    Makanya, prinsip alon-alon wathon kelakon (pelan-pelan asal berhasil) bisa juga dipergunakan untuk menjaga eksistensi. Ya, dari pada sekali beraksi dan seterusnya mati.

    hehe gitu ya mas…bagiku yg penting happy saja

  6. hahhhaa ada yang mengeluarkan uneg-uneg sepenuh hati 😛

    meiy, batasnya hanya diri kita yang tahu.. dengerin suara yang bisik-bisik dari dalam hati, jangan sampai diabaikan. masing-masing kita punya batasan yang berbeda

    dan aku setuju, bahwa kena ciprat minyak goreng panas saat menggoreng ikan untuk suami tercinta sungguh sangat seksi..! jangan sampai kehilangan momen seksi lainnya 🙂 dan aku juga menunggu, mungkin nanti tiba saatnya aku juga punya naysa yang bisa kuajak main kejar-kejaran.. **amin ya Rabb

    mesti sepenuh hati dong ya bundo. semoga Allah memperkenankan Bundo, itu krn Dia sayang sama bundo, diuji dulu 🙂

  7. ngeblog kan bukan kewajiban, meiy. sesempetnya aja, dan bener yg kamu bilang, yg penting kamu bahagia 😀

    bener ven, bagiku tuh nulis yg penting, diupload atawa nggak, gakpenting 🙂

  8. Oiya lupa, neh linknya : http://adityahadi.wordpress.com

    Punya mbak dah kutu masukin ke blog kutu
    jgn panggil “Kut” dunk mbak, klo Cute, baru gpp ^^

    makasih ya, oh iya cute dong ah 😀

  9. bener ni….guling-guling sama salman dan ghiya mengasikkan….ada award buat uni di rumah saya…silakan diambil ya ni

    kebahagiaan yg tak bisa ditukar apapun ya des. makasih banget ya des awardnya, terharu 🙂

  10. Gimana kalau coba2 ngeblog di anakanya detik.com alias http://www.blogdetik.com 😀

    disini komunitasnya boanyak banget dan ada artisnya juga dan sering kasih kontes dapat hadiah di setiap bulanya 🙂

    Silahkan kalau pengin coba 😀

    fasilitasnya jika kita nulis selalu di promosikan sebagai kategori tulisan terbaru sehingga akan banyak yg baca tulisan kita 🙂

    sesekali juga bisa masuk postingan pilihan di halaman detik.com / blogdetik 🙂

    Salam ngeblog 😀
    punya sih mas ari…tapi private hehe…yg ini saja gak keurus mas, lagian saya lebih suka dibalik layar kerusuhan daripada muncul hehe 😛

  11. http://www.hndika.wordpress.com/
    Gk usah pesimis, tulisan anda posting anda bagus kok!! 🙂

  12. emak yg sibuk kau ternyata bah 😀

    kalo aku buanyak kali bahan yg mau ditulis, tp otak lbh konsen ke tugas sekolah heheh hr ini free nih

  13. Saya juga ngeblog melewati banyak fase.
    akhirnya sekarang kecantol di blog yg ini.
    semoga panjang umur hehe 🙂

  14. Ping-balik: Ditertawai nurani 1 « Alam Takambang Jadi Guru

Tinggalkan Balasan

