Alam Takambang Jadi Guru

Mari berguru pada alam yang terhampar…

Rangunia, Chittagong Workshop I, 22-24 Juni 2009

5 Komentar

Catatan Perjalanan Bangladesh 4

Catatan perjalanan ke-3

Pada Workshop pertama ini aku & Wawa diminta menjadi peserta dulu untuk melihat proses keseluruhan Workshop.

Drama konflik manusia-gajah

DSCF0092Asyik banget membaur dengan masyarakat Rangunia yang semuanya sungguh-sungguh ramah dan bersahabat. Terlibat dalam kerja kelompok, saling tertawa. Kadang bicara bahasa isyarat kalau di dalam kelompok tidak ada yang bisa bicara Inggris. Tapi di daerah ini lumayan banyak yang berbahasa Inggris. Nantinya di dua wilayah lain, peserta bahkan tak bisa membaca dan menulis  Bangla.

Yang sangat ajab ajib adalah udara yang panas, luar biasa. Kami diwanti-wanti untuk menghadapi monsoon (hujan lebat diwaktu summer) sewatu komunikasi sebelum berangkat, bersiap-siap dengan jas hujan/payung, dan jaket. Suhu yang aku temui lumayan bikin teler. Aku tanya teman sepelatihan katanya mungkin 40˚atau 41˚Celcius, ada yang bilang cuma 33˚. Tapi kurasa yang pertama yang benar, aku pernah merasakan suhu yang hampir mirip sewaktu Medan terimbas hawa panas India beberapa tahun lalu, 40-41˚ Celcius gitu deh. Aku  minum banyak sekali, dan thanks Heidi yang selalu punya air mineral buat kami dan selalu mengingatkan agar jangan minum sembarangan. Kata teman-teman, Heidi seperti Ibunya aku dan Wawa, selalu menjaga.

Remaja nonton kami latihan drama

remaja bangladesh

Oya dalam panduan keamanan perjalanan NGO-ku, memang air dan makanan adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Jangan minum air/es sembarangan. Disinilah kurasakan betapa nikmatya air, sewaktu minum dan mandi malam-malam jam berapa saja, betapa segarnya! Disini kami juga membiasakan diri dengan siang yang lebih panjang dari malam. Matahari terbit sekitar jam 5 pagi, terbenam jam 8 malam. Waktu makan berbeda, pagi jam 9-10, makan siang jam 2-3, malam jam 9-10. Begitu juga shalat, magrib misalnya baru mulai pukul 8 malam. Matahari betah menemani Bangladeshi! Dan suara azan tak asing di negeri ini yang 85% penduduknya adalah muslim.

Bocah ini selalu nyelip diantara peserta training

bocah nyelip

Walau panas, dan fasilitas di desa terbatas (tidak ada AC, hanya kipas angin) tapi workshop ini sangat berkesan bagiku karena kami membaur sebagai peserta bersama trainee yang kebanyakan guru. Mereka antusias, sungguh-sungguh dan bersahabat. Yang istimewa tidak satupun yang merokok! Super istimewa masyarakat Bangladesh ini soal rokok, tak pernah aku bertemu satu orangpun yang merokok selama workshop, dan sangat jarang juga di tempat-tempat umum. Angka perokok sangat rendah di negara ini rupanya! Beginian ditiru rakyat Indonesia napa ya?

Hari kedua workshop kami diberi bunga penanda musim hujan oleh bocah-bocah. Lihatlah gambar, cantik kan.

Hari ketiga, hujan pertama turun, setelah 4 bulan kemarau. Walau Bangladesh kemarau, tidak kering, negeri ini kaya air, kaya sungai dan kolam-kolam. Sangat senang dengan hujan itu, kutulis puisi:DSCF0142

Hujan pertama

Melumat gerah

Kemarau panjang

Seorang bocah memberi kembang

Pemanggil hujan

Indah berseri

Menggurat senyum

Rangunia, 24th June 2009, 1st rain on monsoon, 3.30 pm

Hari ke-3, perpisahan, teman-teman berebutan ingin berfoto dengan gadis Indonesia katanya. Gadis? Heheh no wonder bikin geer :D. Asraf, masih kuingat, lelaki sangat rajin yang mengurus fasilitas workshop buat kami, memberi kami bertiga mawar merah yang indah dan wangi. Aku, Wawa dan Heidi, tersenyum :). Terima kasih Asraf, terima kasih teman Bangladeshi yang sangat ramah.

RumahCinta, Ayahanda Medan, 7 Juli 2009

Iklan

5 thoughts on “Rangunia, Chittagong Workshop I, 22-24 Juni 2009

  1. Itu bunga apa namanya Uni?

  2. SIST: Makasih juga sudah mampir ya friend, maaf nih belum sempet balas kunjungan 🙂

    Lang: itulah Lang, aku lupa bahasa Banglanya :D, katanya bunga penanda musim hujan. kapan2 tak tanyain ke teman di sana ya!

  3. Barang Duluan Bayar Belakangan
    Perihal : CD Presentasi New Version 695MB/472Files (Training Seminar Workshop Pelatihan ISO, ISO, 5S, GMP, SM-K3, Hospital, Plastics, Sanitation, HVAC dan Ice Breaker)
    Jika perusahaan Anda memiliki kebutuhan yang berkaitan dengan ISO (International Standard Organization), 5S (Dasar dasar tentang Rapi, Bersih dan Tertata), GMP (Good Manufacturing Practice), SM-K3 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja), Hospital, Plastics (Dasar dasar Plastics), Sanitation (Kebersihan Sebenarnya) dan HVAC (Penyediaan AC Central yang Memenuhi Standard), akan tetapi mungkin perusahaan dimana Anda bekerja memiliki budget yang terbatas, waktu yang sempit, dan berbagai kendala faktor lainnya untuk mengikuti seminar atau training dengan topik tersebut di atas yang rata-rata kisaran harganya 1,5 – 2,5 juta per orang.
    Maka berikut ini adalah salah satu solusi terbaik yaitu kumpulan presentasi untuk kebutuhan perusahaan Anda atau bahkan untuk Anda pribadi yang dikemas dalam 1 (satu) CD yang berisi 697 MB/573 Files. Dengan isi sebagai berikut, dengan format semuanya powerpoint :
    1 5S-5R-5P (10 Files)

    2 CPOB-GMP (11 Files)

    3 Hospital (94 Files)

    4 HVAC (16 Files)

    5 ISO 9001 (15 Files)

    6 ISO 14001 (27 Files)

    7 Others (128 Files)

    8 Plastics (31 Files)

    9 Sanitation (11 Files)

    10 SM-K3 (91 Files)

    Khusus bagi yang berminat kami menawarkan untuk mengirimkan 1 keping CD tersebut, dengan menggantikan biaya pembuatan dan biaya pengiriman (khusus untuk pulau Jawa) dengan biaya sejumlah Rp. 125.000,- (#seratus dua puluh lima ribu rupiah#) included, sedangkan untuk diluar pulau Jawa dengan biaya sejumlah Rp. 175.000,- (#seratus tujuh puluh lima puluh ribu rupiah#) included
    Bila bapak ibu telah melakukan transfer dari bank dibawah ini : Sebagai alternatif Bank, kami sampaikan 3 alternatif yang bisa dipilih salah satu untuk memudahkan dalam transfernya :
    1. Buku : Tabungan Mandiri,
    Kantor Cabang : Surabaya, Gentengkali,
    Nama : Silvia Eka Sri Setioningsih (Istri).
    No. Rekening : 141 000 456 8127
    2. Buku : Tahapan BCA,
    No. Rekening : 331 020 8018,
    KCP : Jl. Ahmad Yani No. 183, Blimbing – Malang,
    Atas Nama : Silvia Eka Sri Setioningsih (Istri).
    3. Buku : Tabungan Syariah Plus, BNI 46 Syariah,
    Kacab Syariah Malang : Jaksa Agung Suprapto,
    No. Rekening : 01 2501 4127,
    Atas Nama : Agus Setiyawan Mulyono
    Mohon untuk segera mengirimkan data alamat selengkap lengkapnya terlebih dahulu dan nama yang tercantum direkening yang melakukan transfer jika sudah terima barang (untuk memudahkan kami dalam tracingnya di internet banking), sms ke 081 333 841183, 0817 537894 atau ke email : piranhamasgroup@gmail.com. Demikian yang kami sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan menjadikan ilmu yang berguna. Terima kasih banyak, dan sekali lagi mohon maaf bila tidak berkenan.
    Hormat Kami,
    Agus Setiyawan, http://piranhamas.wordpress.com
    KANTOR I : Plaza Segi 8 Kav. D – 812, Jl. Raya Darmo Permai III, Surabaya,
    KANTOR II : Puri Indah Sidoarjo Blok CS – 14, Sidoarjo,
    KANTOR III : The Balearjosari Residence B – 41, (Trikarya) Jl. Pahlawan No. 278 – Balearjosari, Malang
    Catatan : Lebih Komplit Isinya Ada Di Attachment

  4. Ping-balik: Perjalanan Chittagong-Dhaka-Sherpur, 25-29 Juni 2009 « Alam Takambang Jadi Guru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s