Alam Takambang Jadi Guru

Mari berguru pada alam yang terhampar…

Menggapai bahagia

32 Komentar

melati-bali

”Apa sih ukuran kebahagiaan itu? Apakah kelimpahan materi, istri yang cantik, selalu shalat, atau apa? Aku tak tahu,” tanya seorang teman suatu hari.

Bagi aku pertanyaan itu cukup mudah untuk dijawab, sebab jawabanku sederhana. Namun bagi orang lain bisa saja rumit, seperti banyak hal di dunia fana ini, kebahagiaan adalah sesuatu yang relatif, yang senantiasa harus diusahakan.

”Bagiku kebahagiaan itu adalah berusaha setiap saat merasa nyaman dan damai dengan diriku dan membuat orang-orang yang aku cintai juga begitu.” (tapi keknya aku sering mengecewakan orang-orang yang aku cintai deh hiks..hiks…). Sepertinya agak ego, sebab buat orang-orang yang tidak aku cintai aku cenderung cuek…hehe…tapi setelah keluarga dan sahabat-sahabat terdekat, yang aku cintai termasuk orang-orang yang cinta damai, tak merasa ekslusif .

Beberapa kali ngobrol dengan Uur tentang orang-orang yang kadang menyebalkan, berusaha menimbulkan kesulitan dalam hidup orang lain karena iri dengki, ingin menjatuhkan, bahkan memfitnah, dsb…Aku menjawab, ”Anggaplah saja mereka hanya debu, yang akan luruh jika kau tepiskan.” Dan Uur menyambung, ”Iya Uni, akan bersih dengan wudhuk,”

Insya Allah ya adiak…Si abang juga sering menyuruhku berwudhuk kalau memang lagi butek. Keruh bak sungai di kota-kota besar, biasanya sih kalau PMS 😀

Jika ukuran kebahagiaan adalah pemuasan ego dan nafsu, maka kamu tak akan pernah mendapatkannya.

RumahCinta-Ayahanda Medan, 2 Maret 2009

Iklan

32 thoughts on “Menggapai bahagia

  1. Yup… happiness isn’t a feeling, but a decision.

  2. Kebahagian itu, kalau niyo lalok tingga lalok, niyo makan tingga makan 😀

  3. kebahagiaan adalah saat kita berhasil melepaskan diri dari jerat ketidakbahagiaan

  4. bahagia kalo pic bunganya bisa diklik 😛

  5. kalo menurut aku, uni, menggapai bahagia itu saat kita bisa bikin orang-orang bahagia. jadi berlipat-lipat kan bahagianya…

  6. kebahagiaan, sesuatu yang sangat fatamorgana

  7. Kebahagiaan itu bukan sesuatu yang dapat didefinisikan … kebahagiaan itu ada di kedalaman hati.

  8. Bila kebahagian kita artikan sebagai sebuah kondisi tentang tercapai tujuan hidup, maka kebahagiaan sejati itu adalah jalan hidup yang diridhoi-Nya.

    Kebahagian itu bukan relatifkan Uni?
    Ia ada untuk kita. Dari Nya.

  9. Bila kebahagian kita artikan sebagai sebuah kondisi tentang tercapainya tujuan hidup, maka kebahagiaan sejati itu adalah jalan hidup yang diridhoi-Nya. Kebahagian itu bukan relatifkan Uni? Kebahagiaan ada untuk kita. Dari Nya.

  10. Orang yg maunya membawa kesusahan buat orang lain itu mesti ada aja ya Meiy…..mungkin memang disediakan untuk menguji kesabaran kita….

  11. yang namanya kebahagiaan, sesuatu yang sangat fatamorgan dan setiap orang mengartikan beda …

  12. Bahagia.. bahagia… bahagia…
    Ketika senyum tetap terkembang
    Meski lara tetap mendera

  13. kata orang bijak, saya tidak selalu mendapatkan apa yang saya sukai, maka saya berusaha menyukai apa yang saya dapatkan. kalo itu sudah bisa kita lakukan, merasa bahagia bukan hal yang susah 😆

  14. kawan kebahagian secara logika adalah apa yang dikehendaki terwujud.Tapi secara naluri adalah perjuangan yang tak pernah surut,itu bahagia.secara sikap melihat orang lain bahagia ya kita bahagia. secara hakikat ,manusia akan bahagia selalu.baik dlam keadaan susah dan senang semua urusan menjadi baik.Salam kenal ya

  15. Ada seorang teman yang menyatakan bahwa kebahagiaan itu ibarat kupu-kupu. Kalau kita mengejarnya, kupu-kupu itu pasti terbang dan cepat pergi. Tetapi, bila kita tenang dan berdiam diri, kupu-kupu itu malah akan hinggap. Kalau kita mengejar kebahagiaan, mungkin kebahagiaan itu akan lari. Tetapi, kalau kita tenang dan membuka diri terhadap kebutuhan dan persoalan orang lain, kita akan merasa bahagia bahwa kita telah menolong orang itu.

  16. bahagia sejati memang keadaan yg selalu berada di jalur ilahi. perasaan hati yg penuh sensasi Allah

  17. Insya Allah aku akan menggapai kebahagiaan dengan iman di dada

  18. bahagia adalah sesuatu yang harus di perjuangkan….di gapai…saya setuju

  19. setuju uni..
    bahagia itu asalnya dari dalem hati koq..
    padahal gampang yach.. semua orang punya hati, tetapi kanapa sedikit yang bisa bahagia..
    hehehe…

  20. saya coba tanya pada teman saya yang nyeleneh, “loe pernah ngerasain bahagia gak?”
    Dia jawab, “apa itu bahagia?” Saya hanya menyerahkan ruang dihati saya untuk Alloh saja, tidak yang lain. Jadi saya tidak tau apa itu rasanya bahagia”.

  21. selamat un…namanya keluar sebagai pemenang undian berhadiah kripik balado….kunjungi blog saya ya untuk keterangan lebih lengkap….

  22. Wudhuk memang bisa mendamaikan hati, menyejukkan jiwa yang sedang kering keronta…

  23. kalo menurut aku yah…, menggapai bahagia itu saat kita bisa bikin orang-orang bahagia.

  24. apa ya? ukuran kebahagian itu emang sulit di ungkapkan,, kadang juga sewaktu kita merasakannya juga sukar menceritakan rasanya,, mungkin kespresi kali ya!

    jadi menggapainya juga sukar berteori!

  25. bila ditanya…apa yang membuatmu bahagia? tentu aku akan menjawab..aku memutuskan untuk bahagia, maka aku bahagia. jadi jangan biarkan sesuatu yang di luar diri kita memperbudak kita untuk menjadi bahagia. begitukah ni?

  26. Ukuran sebuah kebahagiaan itu tidak bisa diukur lewat harta atau apapun…

  27. saat ini, bahagia…
    hmm.. saat aku melihat teman2ku hampir tak punya waktu utk melangkahkan kaki ke masjid, aq kira aq mesti bersyukur aq masih bisa melangkah ke masjid saat adzan berkumandang..
    saat melihat orang2 berpacaran, aq kira aq mesti bersyukur aq punya istri yg mengerti akan agama sehingga aq tak perlu melalui jalan berliku sebelum menemukannya….

  28. Bahagia adalah…..
    ketika aku bisa membuat dunia tersenyum

    Bahagia adalah….
    Ketika aku bermakna bagi sesama

    Bahagia adalah….
    Ketika Ortuku tersenyum padaku

    Bahagia adalah….
    Ketika Tuhanku meridhoiku

    Bahagia adalah…..
    Ketika kita bertatap muka dengan-Nya

    Wallahu ‘Alam

  29. selamat siang, apakah di sana ada pawang gajah remaja sekitar umur 15 sampai 17 tahun?
    jika ada, kami dari program surat sahabat trans tv akan membuat profil kehidupan sang pawang tersebut.

    terima kasih

  30. Mas theo: ada mahout kami yg kecil namanya fery & joni umur sekitar 17 tahun, tapi aku gak yakin pasti.

    kalao di Tim CRU pawang dan tim patroli dicampur dg masyarakat (ranger lokal) yg diberi kesempatan bergiliran, bisa aja dicari bbrp ranger yg sudah mampu usia segitu. soalnya sudah banyak yg ditraining di sana. tadi saya minta teman menanyakan ke Tangkahan, sinyal agak sulit. nanti jawab detail bisa saya send ke email mas.

    bisa hubungi SIte Manager: Edy Sunardi di: 081379732579 (nomor CRU). harap kasih tahu jauh hari sebelumnya, krn tim punya jadwal yg padat.

    salam lestari

  31. apakah yang disebut dg kebahagiaan itu, ?///////
    bila kita bisa menolong orang lain tanpa pamrih dan ikhlas

  32. kebahagian adalah perasaan jiwa yang ada pada diri kita>>>
    pabila kita dapat menolong orang lain dg ikhlas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s