Alam Takambang Jadi Guru

Mari berguru pada alam yang terhampar…

Blessing in disguise :)

15 Komentar

Pic dari sini
Sudah cukup lama masalah listrik mati di Medan terjadi, dua tahun mungkin, namun sebulan (atau 2 bulan ya?) belakangan matinya setiap hari 2-3 kali, lumayan sekali mati minimal 4 jam! Siapa coba yang nggak merepet (ngomel). Rasanya pengen aku bom aja tuh PLN sialan! Tapi takut sih tar dikirain teroris lagi, mana bikin bom pasti suse yah 😉 Hihi…ampooon pak pulisi aku bukan teoris makanya masih mikir apa yang bisa dilakukan untuk berhenti merepet dan nggak kesel kalau listrik mati mulu. Lha apa yang belum dilakukan warga Medan sebagai warga baik-baik? Protes udah, ngomel udah, nangis-nangis udah, demo apalagi, tapi ini endonesya bung, kapan ada masalah yang ditangani cepat/serius? Nggak terhitung lagi kerugian yang disebabkan matinya sumberdaya ini. Dirumahku saja sering makanan di kulkas jadi basi, lha kalau di pabrik? Kabarnya sampai miliaran kerugian yang harus ditanggung rakyat gara-gara PLN yang nggak becus cus!

Aku nggak habis pikir apa saja ya kerjaan orang di PLN itu terutama di level pembuat keputusan, soalnya kalau level bawah (baca: rakyat) mah sama saja, tak bisa berkutik. Kurang apa orang pintar di negeri ini, kalao masalahe kurang energi, kok nggak mikirin energi alternatif selain fosil, n kalo mau sampah aja bisa dijadikan energi! Jika masalahnya mesin rusak, ko rusak melulu, bingung deh gue…Kata temanku orang Indonesia ini (kaya aku) sukanya protes aja nggak ngasih jalan keluar. Menurutku sih yang tahu jalan keluar ya mestinya yang ahli dong, lha tahu apa aku tentang energi, setiap orang toh ada bagiannya (keahlian) masing-masing? Kalau tanyain soal gajah kapan make love nah itu aku tahu bah! Huehehehe…:))

Semalam aku dan abang dapat ide, gimana kalau kita rasakan ‘kematian PLN’ di luar rumah sambil menikmati bintang-bintang di langit dan bulan? Ternyata fun juga lho!

Kalau ini sih foto Ufi n Uqan jadi dukun 😀
Sudah lama kami nggak duduk-duduk di luar malam hari karena banyak nyamuk, dan dengan membuat api unggun ternyata asyik dan nyamuk lari. Anak-anak enjoy banget, Uqan lompat-lompat, Naysa pengen terjun menggapai api, Ufi sih tetep sama temen-temennya bersepeda ria. Kita bisa tiduran di karpet sambil menyaksikan langit malam. Kebetulan bulan terang, belum purnama penuh sih. Kalau di kota besar yang terang benderang nggak mungkin menyaksikan keindahan langit malam karena langit dibiasi cahaya kota.

Dulu waktu di Aceh kita-kita sering duduk-duduk di halaman, kadang tiduran sambil menikmati bintang-bintang, kalau beruntung bisa melihat meteor jatuh di kejauhan. Momen ini aku pakai untuk mengajari anak-anak tentang alam semesta, tentang bumi, langit, planet-planet, dsb, dan tentunya tentang Sang Pencipta mereka. Banyak puisi kutulis saat perasaan begitu indah pada malam berbintang seperti itu. dengan orang-orang tercinta, mengagumi ciptaanNya, menyadari betapa kecil dan tak berartinya kita…

Lalu kita nyanyi-nyanyi, sayang nggak ada yang gitaran :D. Pengen BBQ ada bahannya, eh nggak ada panggangannya yang untuk di luar rumah. Enggak jadi, males angkat-angkat kompor–akhirnya diganti snack n cappucino buatan abang ehmm nikmat! ternyata ada hikmahnya juga mati lampu yah. Abang bilang, “besok kita barbeque ya Ma! siapin dulu alatnya.” Aku nyengir, jawab: “Okey okey bang, tapi kalau listrik mati terus dua tahun lagi, apa kita BBQ tiap malam diluar? Momen istimewa tak lagi menjadi istimewa kalau dilakukan terus-terusan.”

Kita sudah terlanjur menjadi manusia modern yang tergantung pada teknologi, termasuk penggunaan listrik. Kalau sesekali mati okelah, kalau tiap hari? Mampuuus lah awak! Mending bubarin PLN ganti sama private company aja!

RuangBiru, June 28, 2007

Iklan

15 thoughts on “Blessing in disguise :)

  1. Hehehe… uni, kalau awak sedang ado penelitian di observatorium, malah pengen sabotase listrik se kota Bandung. Soalnyo gara2 lampu di kota ko, bintang2 jadi sussah diamati 😦

  2. ingat pesen PLN meiy makanya. dari jam 3-7 apa yah dihemat :p

    btw itu anak jadi member Xmen ? bisa ngeluarin api gitu gut gut

  3. wah kayaknya bagus tuh kalo buka pabrik lilin :))

  4. jangankan di medan. di rmh gw yg tetanggan sama jkt aja mati lampu mulu! mending kalo ada badai, gitu. ini engga. jakrta cerah ceria bahagia aja teteeep aja mati. kita bom aja yuk, meiy…

    btw, serius lo ga ngerti kinky? nah. anggep aja PR. ya? hehehe…

  5. Calm down Meiy, istigfar! 😉
    Medan itu udah mati lampu sejak jaman Marah Halim. Memang kadang aku juga palak kalo pas mati lampu. Baunya itu yg gak tahan!
    Ingat dulu kecil2 klo mati lampu, kami juga suka duduk2 diluar jadi umpan nyamuk. Tapi dengan begitu aku banyak pengalaman berkali2 ngeliat shooting star. Kan Medan belum gitu meriah jadul. Sementara anakku itu suka iri klo aku cerita pernah liat itu shooting star berkali-kali.
    Lagian ingat Medan itu letaknya di Sumut yang artinya, Semua Urusan Mesti Uang Tunai!
    Tiru si abang tuh punya positive attitude, nikmati mati lampu.

  6. wah asyiknya melihat bintang di malam gelap gulita…saya juga sudah lama tidak melihat bintang dalam keadaan seperti itu.
    tapi bagus juga idenya untuk menghilangkan kekesalan pada pln hehehe…

  7. kl ichal gak mau komen, tapi mau nawarkan diri jika mati lampu lagi n mau gitar2an undang aja, dulu waktu skul n kul ngeband juga hehehehe, nyanyi n ryhtem guitar,,, tapi ngerock… si abang tar malah kabur….!!!

  8. Minggu kemarin di rumahku kena pemadaman sementara, tapi hanya sebentar sih…

    Gak enaknya,.. gelap gulita.

  9. PLN oh PLN
    kenapa harus mampus
    PLN oh PLN
    kata nya monopoli
    PLN oh PLN
    kata nya merugi
    PLN oh PLN

  10. wah, syukur deh kalau padamnya aliran listrik bisa memberi hikmah buat keluargamu. orang cerdas memang selalu bersyukur atas keadaan yang menimpanya, karena memang selalu ada hikmah di balik setiap peristiwa.

  11. wadddduhhhh kalo PLN-nya dibom malah lebih ribet lagi, Bun… mati lampunya bisa bertaon-ton hehehe….

  12. biar deh meiy, mereka yg ahli itu mencoba mencari cara penanganannya….dlm tiap kolam kan pasti ada ikan yg cantik dan yg buruk…

  13. yeah… inilah negeri yang makin aneh….

  14. iya tuh paling gak tahan kalo mati lampu malam-malam… udah sumpek… gak ada hiburan… gelap lagi…

    untung punya hobi ngeliatin bintang… tapi kalo hujan…
    sebel aja tuh sama yang nmanya PLN…

    oh ya Salam Kenal…

  15. ngedumel bgt, pln emang bikin kesel yah. tapikan itung2 bikin suasana baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s